Selasa, 24 Januari 2017

LAPORAN PRAKERIN HONDA


LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
DI PT.TRI WARGA DIAN SAKTI (HONDA PRIMA)
BEKASI


 




                                                      


                                                                                

Laporan praktek kerja industri disusun sebagai syarat mengikuti
Ujian Praktik Kejuruan dan Ujian  Nasional
 Tahun Pelajaran 2016/2017


Disusun oleh :

N a m a                          :Ragil Agus .D
N I S                              : ....

Kelas                              :   XII TKR 2
Program Studi keahlian :  Teknik  Otomotif
 Paket  Keahlian             :  Teknik Kendaran Ringan


PEMERINTAH KABUPATEN BREBES
DINAS PENDIDIKAN

SMK NEGERI 1 BULAKAMBA

Jl. Raya Kluwut Bulakamba Telp. (0283) 870277
BREBES
2017


LAPORAN
PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) DI
PT.TRI WARGA DIAN SAKTI (HONDA PRIMA)
BEKASI

TANGGAL 1 AGUSTUS SAMPAI DENGAN 31 OKTOBER 2016



TOPIK :

  1. PEMELIHARAAN/SERVIS DAN PERBAIKAN ENGINE DAN KOMPONEN-KOMPONENNYA (Tune Up  pada Mobil Honda Jazz )
2.      PERAWATAN SISTEM KELISTRIKAN DAN PERBAIKANNYA ( sistem AC Mobil Honda Brio)
3.      PEMELIHARAAN/SERVIS  DAN PERBAIKAN CHASIS
(Perbaikan Rem  pada Mobil Honda Hrv)
















PENGESAHAN


Laporan praktek kerja industri ini telah disetujui dan disahkan pada :
             Hari                :
             Tanggal          :     ....... ...............  2017


Ketua  Paket Keahlian Teknik Kendaraan Ringan



Rahmadi, M.T.
NIP. 19751126200701 1005                   

Pembimbing




Imam Sofari S.Pd
NIP. 19760214200501 1 008                   




Mengetahui
Kepala Sekolah



Slamet Riyadi, M.Pd
NIP. 19680413 1999003 1 008









KATA PENGANTAR


Dengan mengucapkan syukur alhamdulillah  kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya kepada penulis, sehingga penulis dapat menyelesaikan  laporan pelaksanaan praktek kerja industri (prakerin) di  PT. Tri Warga Dian Sakti (HONDA PRIMA).
          Laporan ini dapat terselesaikan atas bantuan dan bimbingan dari  berbagai  pihak. Untuk itu penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang ikut membantu dalam penyelesaian laporan ini, terutama kepada :
1.    Slamet Riyadi, M.Pd selaku kepala SMKN 1 Bulakmba Brebes
2.    Rahmadi, M.T selaku Ketua Paket Keahlian Teknik Kendaraan Ringan
3.    Epin Sopian Handayana, Pimpinan PT.Tri Warga Dian Sakti (HONDA PRIMA)
4.    Imam Sofari S.Pd, selaku pembimbing Laporan Praktek Kerja Industri
5.    Dedi, selaku pembimbing di DU/DI
6.    Guru-guru SMK Negeri 1 Bulakamba
7.    Seluruh Mekanik Bengkel PT. Tri Warga Dian Sakti (HONDA PRIMA)
8.    Serta semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu yang telah membantu dalam proses penyusunan laporan ini.
Penyusunan laporan ini sebagai salah satu syarat untuk mengikuti Ujian  Nasional (UN) sebagai syarat untuk mengikuti Ujian Praktrik Kejuruan (UPK) maupun sebagai bukti bahwa telah melaksanakan praktek kerja industri (PRAKERIN).
Penulis menyadari sepenuhnya bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu kritik dan saran yang sifatnya membangun sangat penulis harapkan demi kesempurnaan laporan pada kesempatan lainya. Mudah-mudahan laporan ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan pembaca pada umumnya
                                                                    Bulakamba,   Januari 2017
                                                                  
                                                                                       Penulis,



DAFTAR ISI


HALAMAN JUDUL.............................................................................................i
TOPIK LAPORAN..............................................................................................ii
LEMBAR PENGESAHAN ................................................................................iii
KATA PENGANTAR.........................................................................................iv
DAFTAR ISI........................................................................................................ v

BAB I    PENDAHULUAN
A.                Latar Belakang...............................................................................1
B.                 Tujuan............................................................................................2
1.        Tujuan Pelaksanaan Prakerin..................................................2
2.        Tujuan Pembuatan Laporan ...................................................2
BAB II  DASAR TEORI...................................................................................3
A.                TUNE UP MOBIL HONDA JAZZ...............................................3
1.      Pengertian TUNE UP..............................................................3
2.      Komponen Kompoen Yang diTune up....................................3
 2.   Langkah – langkah Tune Up...................................................4
B.                 SISTEM  AC  MOBIL HONDA BRIO.........................................8
1.      Pengertian AC..………………………………….....................8
2.      Komponen AC..........................................................................8
3.      Prinsip Dasar AC.....................................................................12
4.      Cara kerjua AC........................................................................13
5.      Cara Mengatasi Gangguan pada sistem AC ...........................15
C.                 PERBAIKAN  REM MOBIL HONDA HR-V........................19
1.      Pengertian dan Fungsi Rem…………………………………19
2.      Prinsip kerja Rem  .................................................. ………..19
3.      Tipe Rem..................................................................20
4.      Jenis-jenis Rem........................................................................20
5.      Komponen Rem Cakram.........................................................21
6.      Komponen Rem Tromol..........................................................22

BAB III PROSES PELAKSANAAN................................................................28
A.                Waktu dan Tempat Pelaksanaan Prakerin ....................................28
1.    Alat dan Bahan..................................................................................................28
a.       Tune up..................................................................................................28
b.      Langkah kerja........................................................................................29
2.    Alat dan Bahan..................................................................................................40
a.       Perbaikan sistem AC.............................................................................40
b.      Langkah kerja .......................................................................................40
3.    Alat dan Bahan..................................................................................................43
a.       Perbaikan Rem.......................................................................................43
b.      Langkah kerja  ......................................................................................44
c.       Pngukuran .............................................................................................48
d.      Pemasangan ..........................................................................................51
e.       Bleding .................................................................................................54
B.                 Keselamatan kerja .........................................................................55
C.                 Hasil Yang Dicapai........................................................................57
1.                  Keterlaksanaan (Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat)...................57
2.                  Manfaat yang dirasakan.............................................................................58
BAB IV PENUTUP.............................................................................................59
A.                Kesimpulan ....................................................................................59
B.                 Saran-saran ....................................................................................59

DAFTAR PUSTAKA..........................................................................................60
LEMBAR KONSULTASI...................................................................................61
LAMPIRAN-LAMPIRAN
                 1.  Sertifikat Praktek Kerja Industri
                





BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang
Praktik Kerja Industri yang disingkat dengan “prakerin” merupakan bagian dari program pembelajaran yang harus dilaksanakan oleh setiap peserta didik di kunia kerja, sebagai wujud nyata dari pelaksanaan sistim pendidikan di SMK yaitu Pendidikan Sistim Ganda (PSG). Program prakerin disusun bersama antara sekolah dan dunia kerja dalam rangka memenuhi kebutuhan peserta didik dan sebagai kontribusi dunia kerja terhadap pengembangan program pendidikan SMK.
Dengan prakerin peserta didik dapat menguasai sepenuhnya aspek-aspek kompetensi yang dituntut kurikulum, dan di samping itu mengenal lebih dini dunia kerja yang menjadi dunianya kelak setelah menamatkan pendidikannya.   
Pelaksanaan praktek kerja industri di SMK Negeri 1 Bulakamba untuk tahun pelajaran 2016/2017 dilaksanakan selama tiga bulan dari tanggal 1 Agustus 2016 sampai dengan  31 Oktober 2016. DU/DI yang dijadikan penulis sebagai tempat prakerin adalah di PT. TRI WARGA DIAN SAKTI (HONDA PRIMA)  yang beralamat di Jl. Raya Jend, Sudirman Km. 31 Kranji Bekasi Selatan, dikarenakan lokasinya yang dekat dengan rumah Saudara  sehingga memilih disini.
Dalam penulisan laporan ini penulis mengambil topik tune up pada mobil Honda Jazz, perawatan sistem AC pada Mobil Honda Brio dan perbaikan Rem pada mobil Honda H-rv  dikarenakan mudah.





B.     Tujuan

1.    Tujuan Pelaksanaan Prakerin
a.       Mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan dunia kerja dan industri yang sesungguhnya.
b.      Memiliki tingkat kompetensi standart sesuai yang dipersyaratkan oleh dunia kerja dan industri.
c.       Menjadi tenaga kerja yang berwawasan mutu, ekonomi, bisnis, kewirausahaan dan produktif.
d.      Dapat menyerap perkembangan tehnologi dan budaya kerja untuk kepentingan pengembangan diri.



2.        Tujuan Pembuatan Laporan
a.         Sebagai salah satu tugas yang diisyaratkan untuk menempuh Ujian Nasional dan Ujian Praktik Kejuruan tahun pelajaran 2016/2017
b.        Menambah wawasan tentang penulisan karya ilmiah.
c.         Menambah wawasan dalam Tune up dalam sebuah mobil
d.        Menambah wawasan dalam menangani sistem AC
e.         Menambah wawasan dalam menangani sistem rem sebuah mobil 










BAB II
DASAR TEORI

A.    . TUNE UP MOBIL HONDA JAZZ
1. Pengertian TUNE UP
Sebuah mobil dapat melakukan pengoperasianya tidak luput dari komponen-komponennya, maka dari itu komponen fungsional yang bekerja trus-menerus akan terjadi keausan, berkarat, rusak atau ada bagian yang memerlukan penyetelan. Perubahan-perubahan komponen tersebut meskipun lambat tetap terjadi pada bagian-bagian tertentu, oleh sebab itu, mesin memerlukan perawatan seperti pemeriksaan, pembersian,penyetelan atau penggantian komponen yang sudah layak diganti, agar kinerja mesin tetap optimal dalam pengoperasianya.Adapun pengetian dari tune upyaitu mengondisikan mesin kembali normal setelahdigunakan keperluan sehari-hari, Tune upitu sendiri bukan
perbaikan tetapi lebih pada perawatan secara berkala, perawataitu antara lain pemeriksaan, pengetesan, penyetelan dan pengantiankomponen-komponen yang perlu diganti

2. Tujuan TUNE UP
Tujuan dari tune upadalah untuk slalu membuat mobil dalamkeadaan baik atau optimaljika digunakan dalam keperluan sehari-hari dan juga dapat mencegah terjadinya kerusakan yang lebih berat pada mesin. Makadari itu perlu diperhatikan dalam melakukan tune upagar hasil yang di peroleh
maksimal, untuk memperoleh hasil yang diharapkan sebaiknya tune updilakukan dengan teliti dan sesuaikan urutannya,
3. Komponen-komponen yang di TUNE UP
Melakukanpemeriksaan atau tune-upberarti mencegah terjadinya kerusakan yang lebih berat pada mesin. Perlu diperhatikan, dalam melakukan tune-up,antara satu pekerjaan dengan pekerjaan yang lainnya saling
berhubungan, dan untuk memperoleh hasil yang diharapkansebaiknya pekerjaan tune-updilakukan dengan baik dan teliti, dalam tune-uppun tidak semua komponen-komponen dalam mesin diperiksa, berikut adalah komponen-komponen yang perlu di periksa pada saat dilakukan tune up
1.Busi
2.Radiator
3.Baterai
4.Tali kipas
5.Filter oil
6.Filte bensin
7.Filter udara

index.jpeg
           







                                                Gambar 1.1.tune up

4. Langkah Langkah  TUNE UP
adalah salah satu kompetensi yang harus dikuasai oleh bengkel, baik itu tune up engine konvensional maupun tune up mesin EFI. Sebetulnya untuk urutan langkah tune up mesin konvensional ataupun tune up engine efi adalah terserah dari s pelaku tune up, yang penting semua item yang harus diperiksa dilakukan pemeriksaan, tetapi kita juga harus memperhatikan dari efisiensi waktu ketika melakukan tune up baik tune up untuk mesin konvensional maupun mesin efi. Sehingga diharapkan ketika kita melakukan tune up maka kegiatan tune up engine tersebut akan kita lakukan dengan efesiensi waktu, tidak ada yang dilakukan doble, semisal ketika pada tune up kita memeriksa busi, setelah itu busi kita pasang lagi, ternyata nanti ada job untuk mengukur tekanan kompresi, maka busi harus dilepas lagi. jadi kalo orang jawa bilang adalah mindo gaweni. Berikut ini adalah urutan langkah Tune up sistem efi yang biasa saya lakukan untuk mobil Jazz atau Brio
Urutan langkah-langkah Tune UP Mesin Efi yang biasa saya lakukan pada mobil Jazz Dan Brio :
  1. Langkah tune up yang pertama adalah memperisapkan alat, dengan banyaknya alat yang ada pada sebuah bengkel, kita harus mempersiapkan alat yang akan kita gunakan, kalau alat tersebut tidak dibutuhkan dalam kegiatan tune up ya tidak usah disiapkan. Kita mengambil alat-alat yang akan dibutuhkan saja ketika kita melakukan kegiatan tune up.
  2. Memasang pelindung kendaraan, ini perlu yaitu untuk menghindari kendaraan terkena goresan ataupun kotor pada bagaian dalam. Pelindung kendaraan bisa berupa vender cover, steering cover, lalu cover untuk lantai maupun stik.
  3. Melepas sebuah sensor, misal MAP.
  4. Melakukan penjumperan pada konektor (soket yang di jumper harus benar, silahkan bisa dilihat di buku manual book dari jenis mobil yang di tune up) kemudian di on kan (ingat ya jangan sampai salah menjumper), kemudian melihat di kedipan, otomatis kedipan untuk sensor MAP akan terlihat. Jika tidak ada yang lain berarti dalam keadaan normal. Jika ada kedipan, maka silahkan dilihat di buku manual dari  mobil yang kita tune up bagaian mana yang memiliki trouble.
  5. Kalau ada trouble selain MAP maka silahkan lakukan perbaikan terlebih dahulu, kemudian pasang MAP, dan kemudian melepas fuse EFI sekitar 1 menit. Untuk melakukan reset / menghapus memori.
  6. Kemudian kita on kan lagi mobil dan melihat apakah masih terbaca kerusakan ? kalau indikator sudah menunjukan normal, maka kita bisa lanjut ke langkah pemeriksaan komponen lainnya.
  7. Untuk langkah 3 dan 4, kita bisa memeriksanya dengan menggunakan scanner, scanner yang digunakan untuk menscan engine. Hargana cukup mahal. bisa sampai puluhan juta.
  8. Kalau sudah, maka kita bisa mulai untuk melepas main relay, lalu melepas aki mobil, filter udara, koil, dan busi.Oh iya, untuk melepas baterai sebaiknya dilepas negatif terlebih dahulu. Letakan semuanya di meja kerja, kita lakukan pekerjaan untuk pemeriksaan dan perawatan. Semisal baterai, maka kita periksa tegangan baterai, berat jenis bateri, ketinggian cairan elektrolit, dan kotak baterai. Untuk itu kita harus tahu spesifikasi yang baiknya. Oh ya jangan lupa untuk membersihkan terminal baterai dengan sikat kawat agar karat/kosrosi nya hilang, dan lubang ventilasi yang ada pada tutup baterai bisa kita semprot menggunakan kompresor. Untuk filter udaranya, kita bisa membersihkan nya dengan kompresor, Lalu untuk busi, kita ukur celah businya, spesifikasi dari celah busi bisa kita lihat di buku manual jenis mobil. Kalau tidak seusai kita bisa stel celah businya. Busi juga disemprot menggunakan kompresor tetapi tidak dengan jarak terlalu dekat maupun dengan tekanan yang kuat. lalu memeriksa tahanan coil, spesifikasi bisa dilihat pada buku manual jenis mobil. Jika tidak sesuai dengan spesifikasi, maka lakukan perbaikan atau ganti.
  9. Berikan tutup di lubang busi, ini adalah untuk menghindari sesuatu jatuh ke dalamnya ketika bisa kita lepas.
  10. Kemudian melepas soket injektor dan mengukur tahanan pada injektor, spesifikasi tahanan bisa dilihat di buku manual / manual book.
  11. Lalu kemudian lepaskan relay bahan bakar, sesudah itu kita pasang baterai, jangan lupa untuk keselamatan kerja, maka ketika memasang baterai kita lakukan dengan terminal positif terlebih dahulu. dan kita lakukan pemeriksaan tekanan kompresi.
  12. Kalau sudah kita pasang lagi busi, coil, main relay / relay efi dan relay bahan bakar, kita ukur tegangan pada soket yang dihubungkan dengan koil dengan sebelumya kunci kontak di on kan terlebih dahulu.
  13. Memasang filter udara.
  14. Lalu memasang kabel penghubung scanner pada konektor mobil dan scanner. Kita lakukan pemeriksaan kerusakan. Kalau terbaca no vault data berarti tidak ada indikasi sensor yang rusak. Kita back dan lakukan erase jika diprlukan.
  15. Lalu matikan scaner dengan cara yang benar. Kemudian lepas kable pada konektor scanner. Hidupkan mesin.
  16. Pasangkan lagi ke konektor scanner, kita lakukan pembacaan current data. Dan Print. Matikan mesin mobil.
  17. Kemudian langkah berikutnya adalah melakukan pemeriksaan dengan star gas. Memasang alat star gas dengan benar, menyalakannya dengan benar. menghidupkan kembali mobil. Pada saat proses loading, maka masukan kabel selang yang terhubung dengan sensor oksigen yang dimasukkan ke dalam knalpot mobil, jadi tidak dimasukkan terlebih dahulu. tetapi memasukan ke dalam knalpotnya menunggu proses loading pada star gas. Kalau sudah tampil maka kemudian PRINT.
  18. Melakukan perbaikan jika data yang kita print tadi belum sesuai spesifikasi.



















B.     KELISTRIKAN AC MOBIL HONDA BRIO
A.    PENGERTIAN AC
Air conditioner adalah suatu mesin yang digunakan untuk mendinginkan
udara dengan cara mensirkulasikan gas refrigrand berada di pipa tekan dan di hisap oleh kompresor.
Adapun fungsi system air conditioner pada mobil yaitu:
  • Memberikan udara sejuk ke dalam ruang kendaraan.
  • Memberikan penghangatan pada saat udara dinggin.
  • Menghindari udara kotor yang masuk ke dalam ruangan.
  • Menghilangkan dengan cepat kondensasi pada kaca mobil waktu hujan atau udara lembab.
  • Memberikan kenyamanan kepada pengemudi dan penumpang.
B.     Komponen komponen AC
a)      Kompresor
ty.jpeg            Kompresor adalah pompa yang dirancang untuk meningkatkan tekanan kepada refrigerant. Dengan meningkatnya akan diikuti dengan meningkatnya suhu refrigerant.






Gambar 1.2. Kompresor
Adapun fungsi dari kompresor sebagai berikut :
  • Memberi tekanan pada zat pendingin, agar mengalir dalam system.
  • Menurunkan tekanan didalam evaporator,sehingga bahan pendinggin cair di evaporator dapat menguap pada suhu yang lebih rendah dan menyerap panas lebih banyak didekat evaporator.
  • Menghisap bahan pendingin gas dari evaporator dengan suhu rendah dan tekanan rendah kemudian memampatkan gas tersebut sehingga menjadi gas temperature tinggi dan tekanan tinggi kemudian mengalirkannya ke kondensor.
  • Kompresor Torak
  • Kompresor Rotor
b)      Kompresor Torak
            Kompresor torak adalah merupakan salah satu positive displacement compressor dengan perinsip kerja memampatkan dan mengelurkan udara secara berselang dari dalam silinder, pemampatan udara dilakukan didalam silinder. Elemen mekanik yang digunakan untuk memampatkan udara dinamakan piston. Tekanan udara yang keluar merupakan tekanan discharge yang dihasilkan oleh kompresor reciprocating.
images.jpeg






Gambar 1.3. Kompresor Torak
c)      Kompresor Rotari
gh.jpeg            Kompresor rotary atau kompresor putar, getraran yang dihasilkan oleh kompresor ini relative kecil dibandingkan dengan kompresor piston. Hal ini disebabkan sudut-sudut pada kompresor putar yang merupakan elemen bolak-balik mempunyai masa yang jauh lebih kecil dari pada piston. Selain itu kompresor putar tidak memerlukan katup, sedangkan fluktuasi alirannya sangat kecil dibandingkan dengan kompresor piston.






            Gambar 1.4 Kompresor Rotari
d)     . Kondensor
            Fungsi kondensor adalah mendinginkan zat pendingin yang telah diberi tekanan oleh kompresor.
Zat pendingin yang bertekanan tinggi dari kompresor suhu panas melalui kondensor, panas itu dihilangkan dan zat pendingin berubah bentuk menjadi cair.






c.jpeg



Gambar 1.5 Kondensor
e)      Evaporator
h.jpegPada evaporator zat pendingin akan mengambil panas dan merubah bentuk menjadi gas,supaya pengambilan panas pada evaporator dapat berlangsung sempurna, maka evaporator dilengkapi dengan motor blower yang juga berfungsi untuk menghembuskan udara dingin ke dalam ruang kendaraa







Gambar 1.6. Evaporator
f)       Filter/Dryer
            Filter / Drayer pada sistem air conditioner  berfungsi untuk menyaring partikel-partikel kotoran yang ikut beredar di dalam sistem, serta menyerap uap air yang ikut beredar di dalam sistem. Kotoran yang ikut beredar di dalam sistem dapat menyumbat saluran-saluran yang ada sehingga mengganggu kerja air conditioner, sedangkan uap air yang ikut beredar di dalam sistem dapat terjadi pembekuan karena temperature media pendingin bisa turun di bawah 0 derajat celcius, hal tersebut dapat menyumbat yang ahirnya menggangu kerja sistem air conditioner

d.jpeg




Gambar 1.7. Filter / Dryer
g)      Katup Expansi
Katup expansi pada sistem air condentioner berfungsi untuk menurunkan tekanan media pendingin dari Refrigeran bentuk cair bertekanan tinggi menjadi tekanan rendah dalam bentuk kabut. Akibat dari penurunan tekana tersebut maka temperature media pendingin menjadi turun drastis.
s.jpeg

                                                        





Gambar 1.8 Katup Expansi
h)      Zat pendingin/Freon
            Freon adalah cairan yang menyerap panas pada suhu rendah dan menolak panas pada suhu yang lebih tinggi. Prinsip-prinsip freon memungkinkan untuk digunakan pada outdoor unit dan indoor unit langsung menjalankannya dengan baik, karena hubungan tekanan suhu. Hubungan tekanan suhu ini memungkinkan untuk dapat menteransfer panas
Dalam industri HVAC Freon diberi nama dagan dikenal sebagai nama R. Contoh nama-nama ini adalah R22, R134a dan R502, nama-nama ini membantu untuk menggambarkan berbagai jenis freon, karena freon memiliki berbagai susunan kimia dengan sifat yang berbeda.




a.jpeg





            Gambar 1.9 Zat Pendingin/Freon

C.     Prinsip dasar kerja AC
            Sering kali pada percobaan telah dibuktikan, air dan bensin yang di turunkan tekanannya akan lebih cepat menguap. Demikian juga dengan titik didih air pada ketinggian tertentu(di atas gunung), air lebih cepat menguap, disbanding air atas permukaan laut dengan tekanan 1 atmosfir, karena diatas gunung dengan ketinggian tertentu tekanan udaranya <1 atmosfir.
e.jpeg






Gambar 2.1 Pengaruh tinggi terhadap tekanan




Pada percobaan lain juga dinyatakan bahwa, apabila jari kita diberi bensin seperti pada gambar di bawah ini, kemudian ditiupkn udara maka jari kita akan terasa dingin.
w.jpeg           


           



Gambar 2.2 Ilustrasi penyerapan panas
            Proses kenaikan dan penurunan tekanan seperti di sampaikan pada percobaan di atas berlangsung secara alami, agar prose situ agar dapat diterapakan pada sistem air conditioner, maka sistem air condentiner harus terdiri dari bagian-bagian yang berfungsi untuk menaikkan dan menurunkan tekanan, dan bagian-bagian yang befungsi untuk menyerap panas dan melepaskan panas, supaya penguapan dan penyerapan panas dapat berlangsung.

D.    j.jpegCara kerja sistem AC







           

Gambar 2.3 Adapun cara kerja air conditioner sebagai berikut :
  • Kompresor yang digerakan oleh tenaga mesin mobil tersebut, memompa dan mensirkulasikan media pendingin/refrigen/freon yang masih berbentuk gas ke dalam sistem dengan tekanan tertentu.
Tekanan tinggi, berbentuk gas, P – 14 bar dan  T  –  65 derajat celcius
Tekanan tinggi, berbentuk cairan, P – 14 bar dan  T – 10 derajat celcius
Tekanan rendah, berbentuk gas, P – 1,2 bar dan  T  –  -7  derajat celcius
Tekanan randah, berbentuk cair, p – 1,2 bar dan  T  –  -7  derajat celcius
  • Media pendinggin tersebut di alirkan ke kondensor, di kondensor media pendingin didinginkan dengan jalan melepas panas ke udara luar lewat sirip-sirip Kondensor, karena temperaturnya menurun maka maka media pendinggin yang tadinya berbentuk gas dari kompresor akan berubah menjadi media pendinggin berbentuk cair.
  • Media pendinngin yang berbentuk cair tersebut dialirkan ke filter/Dryer untuk dilakukan penyaringan maupun pengeringan terhadap uap air yang beredar di dalam sistem.
  • Media pendingin yang sudah difilter di alirkan ke katup expansi yang bertugas untuk menurunkan tekanan media pendingin, karena tekanan turun otomatis temperature juga akan turun, akibat dari penurunan tekanan media pendingin berubah menjadi kabut dengan temperatur yang rendah.
  • Media pendingin yang sudah turun tekanan dan temperaturnya dialirkan ke evaporator, akibatnya evaporator menjadi dingin, udara yang mengalir melalui sirip-sirip evaporator panasnya diserap sehingga temperature udara tersebut menjadi turun.
  • Udara yang sudah turun temperaturnya di alirkan kedalam ruang kendaraan sehingga terasa sejuk.
  • Sementara di dalam  didalam evaporator terjadi perubahan bentuk pada media pendinggin, yang semula berbentuk kabut dari katup expansi berubah menjadi gas pada evaporator.
  • Media pendinggin yang sudah dalam bentuk gas dari evaporator siap dihisap dan di sirkulasikan oleh sistem.





E.     Gangguan dan Cara Mengatasi Kerusakan Pada AC
Di saat polusi dan tingkat kelembaban udara semakin meningkat, kehadiran penyejuk udara atau AC (air conditioner) di setiap ruang, khususnya kamar tidur, menjadi kebutuhan mendasar masyarakat urban.
Dengan adanya AC, tidur jadi lebih nyaman dan berkualitas. Udara di dalam ruangan pun lebih sehat berkat adanya sistem filterisasi udara di hampir semua produk AC.
Tapi kenyamanan dalam menikmati udara sejuk dan bersih ini kerap kali terusik karena adanya gangguan atau kerusakan pada AC. Sekali saja AC tidak bekerja optimal, akan membuat jengkel seisi rumah. Maklum, udara di negeri tropis seperti Indonesia sangat lembab dan banyak mengandung uap air sehingga kita sangat mudah berkeringat.
Kipas angin tentu tidak bisa menggantikan peran AC
            Gangguan yang terjadi pada AC tidak lepas dari tiga hal, yaitu AC tidak dingin, mengeluarkan suara berisik atau terjadi kebocoran di perangkat indoor. Yang paling mengesalkan tentu jika AC tidak lagi mengembuskan udara dingin. Tapi suara bising yang keluar dari perangkat indoor juga cukup mengganggu kenyamanan tidur dan kebocoran air benar-benar merepotkan.
Ø  Berikut ini beberapa faktor yang menimbulkan gangguan pada AC :
1. AC tidak dingin.
Fungsi utama AC adalah untuk mendinginkan udara. AC yang tidak dingin bisa disebabkan pengaturan suhu yang tidak benar. Pastikan angka pengaturan suhu pada remote sudah sesuai dengan kebutuhan. Setelah itu, pastikan filter atau sirip indoor AC tidak kotor karena kotoran dapat menghambat hembusan udara AC. Penyebab lainnya adalah freon AC habis atau terjadi kerusakan baik pada sistem kelistrikan AC maupun pada sistem pemipaannya seperti kebocoran kompressor,pipa,evaporator,dan kondensor.
2. Suara berisik.
Indoor AC yang berisik dapat terjadi karena penempatan dudukan indoor yang kurang baik, ada bagian body AC yang bergetar atau terjadi kerusakan pada bagian indoor. Berhati-hatilah saat ingin membetulkan dudukan indoor.

3. Kebocoran indoor.
Indoor unit kadang mengeluarkan tetesan air atau ’berkeringat’. Tapi bila sampai terjadi kebocoran, berarti ada yang kurang beres dengan AC Anda. Hal ini bisa disebabkan karena AC kotor sehingga mengganggu saluran pembuangan air. Penyebab lainnya adalah karena posisi indoor yang tidak rata atau posisi saluran pembuangan air kurang baik. Bila semuanya sudah diperiksa tapi kebocoran tetap ada, berarti terjadi kerusakan pada saluran penampungan air.
Beberapa Masalah Pada AC dan Bagaimana Cara Mengatasinya :
I. AC Tidak Dingin
Apabila AC split tidak dingin berarti ada kebocoran freon, ini dapat ditandai dengan adanya salju pada bagian atas evaporator dan pipa instalasi yg berukuran 1/4 yg menyambung kebagian outdoor unit.
Ø  Berikut ini cara mengatasi bila AC tidak dingin :
1. Cek pada remote control, apa posisi operation mode berada pada posisi cool? bila tidak pada posisi cool, pindahkan pada posisi cool.
2. Cek pada remote control, apa posisi pengaturan suhu terlalu rendah? bila terlalu rendah, naikan pada suhu yang sedang-sedang saja.
3. Cek outdoor unit, apakah dapat power supply dari indoor unit? anda bisa lihat, apa fan motor outdoor unit berputar atau tidak?bila tidak berputar berarti belum mendapatkan aliran listrik dari indoor unit.
4. Cek pada outdoor unit, apa pipa AC yg berukuran kecil mengeluarkan salju/es? jika mengeluarkan salju/es berarti unit ac ada kebocoran freon.cari kebocoran, perbaiki dan isi freon kembali. Tekanan freon yg normal, jika tidak terjadi kebocoran freon pd unit ac, adalah 75 psi (jika compressor dapat beroperasi)
5. Cek pada outdoor unit, ukur tekanan freon dengan manifold dan ukur amper compressor dengan menggunakan Tang Amper. nilai amper compressor yg normal dapat di lihat pada tabel spesifikasi disisi indoor unit.
Pengecekan nilai amper Pada Compresor Dengan Menggunakan Tang Amper
II. AC Mati Total
Banyak hal yang mengakibatkan mengapa AC mati total dan tidak dapat di hidupkan disini kita harus memeriksa dimana letak masalah mengapa AC tidak dapat menyala
Berikut ini solusi masalah AC yang tidak dapat menyala :
Pertama-pertama yang harus kita periksa adalah, Mcb yg berada pada box pembagian listrik. bila ada Mcb yang khusus buat power supply AC turun, segera naikan kembali.Kemudian periksa sikring yang ada pada steker dan komponen Pcb AC, bila putus ganti dengan sikring yg baru. Dan jangan lupa periksa juga trafo power supply yg berada pada komponen Pcb, apakah berfungsi dengan baik.
Kemudian hidupkan kembali AC secara normal,apabila beberapa menit kemudian Mcb turun lagi berarti ada korsleting pada AC, biasanya yang korsleting ada pada bagian outdoor unit, yaitu compressor sudah contact body.
III.Kerusakan lampu Timer Pada Indoor unit Berkedip-kedip
Keruskan ini di akibatkan Thermis yang ada pada komponen Pcb sudah rusak. Solusi dari masalah ini adalah mengganti thermis dengan yang baru(thermis penempatannya ada dievaporator yang kabelnya berwarna hitam yang dihubungkan ke komponen Pcb)
IV.Masalah ketika AC dioperasikan dengan remote control, AC tidak mau start, tetapi bila bila dioperasikan dengan menekan tombol manual yang berada pada indoor unit, AC split mau start.
Solusi dari masalah diatas adalah:
1.  Cek sensor yg berada pada bagian komponen pcb, mungkin terkena air.
2. Keringkan sensor dengan cara mengelapnya, periksa juga battery pada remote control mungkin sudah lemah.
3.  Cek juga remote controlnya mungkin rusak karena terjatuh.
V.Masalah ketika AC dioperasikan, 15 menit kemudian air menetes dari bawah sisi indoor unit.(AC dalam kondisi normal/dingin)
Solusi dari masalah diatas adalah :
Talang air/selang pembuangan air pada indoor unit sudah penuh dengan kotaran,debu dan bahkan lumut, cuci AC dengan mesin steam.



VI.Masalah ketika AC dioperasikan, compressor pada outdoor unit mengalami overload/compressor tidak bekerja karena panasnya melebihi dari 150 derajat.
Solusi dari masalah diatas adalah :
- Cek amper compressor dengan tang amper
- Periksa overload apakah masih berfungsi dengan baik.
- Periksa oli yang ada pada compressor, bila kurang oli tambahkan dengan oli compressor.
- Ganti strainer dan pipa kapilernya yang mungkin sudah tersumbat.
- Bersihkan outdoor unit apabila condenser tertutup oleh debu/kotoran.
- Buka plat pembatas ruangan compressor, agar panas compressor dapat dibuang oleh fan motor outdoor unit.
Ø  Trouble Unit Outdoor AC
Masalah yang seringkali terjadi pada unit outdoor Air Condtioner (AC), komponen yang terdapat pada unit outdoor AC ada beberapa bagian adalah, Compressor + Protector (biasa di sebut dengan OverLoad), Kondensor, Motor Blower (Fan), Capasitor Compressor, dan Capasitor Motor Blower (Fan).
Komponen tersebut di atas pada umumnya terdapat pada unit outdoor AC 12000 BTU/h (biasa di sebut dengan 1.5 PK) kebawah, dan untuk komponen outdoor AC 12000 BTU/h (1.5 PK) ke atas seperti 18000 BTU/h (2 PK) ada sedikit perbedaan pada komponen dalam unit outdoor AC.
Kapasitas AC dengan berdasarkan PK:
*AC½PK=±5.000BTU/h
*AC¾PK=±7.000BTU/h
*AC1PK=±9.000BTU/h
*AC1½PK=±12.000BTU/h
* AC 2 PK = ±18.000 BTU/h





C.SISTEM REM HONDA HR-V

1.      PENGERTIAN SISTEM REM
Sistem rem termasuk komponen terpenting bagi kendaraan yang berfungsi untuk mengurangi kecepatan dan menghentikan kendaraan serta memberikan kemungkinan dapat memparkir kendaraan ditempat yang menurun. Peranan rem sangat  penting dalam sistem mesin, misalnya pada mesin mobil, sepeda motor, mesin cuci, dan sebagainya.
Selain itu rem juga mempunyai kelemahan yaitu rem sering mengalami blong, hal ini diakibatkan karena pemeliharaan yang kurang rutin dan penyebab terjadinya rem  blong yaitu kampas rem habis (aus), minyak rem habis, dan terjadinya kebocoran pada seal piston rem, master rem, ataupun pada selang remnya, maka dari itu pemeliharaan rem harus sangat diperhatikan.
2.      PRINSIP KERJA REM
Kendaraan tidak dapat berhenti dengan segera apabila mesin dibebaskan dengan pemindah daya. Kendaraan cenderung tetap bergerak. Kelemahan ini harus dikurangi dengan maksud untuk menurunkan kecepatan gerak kendaraan hingga berhenti. Mesin mengubah energi panas menjadi energi kinetik (eneri gerak) untuk menggerakkan kendaraan. Sebaliknya, rem mengubah energi kinetik kembali menjadi energi panas untuk menghentikan kendaraan. Umumnya, rem bekerja disebabkan oleh adanya sistem gabungan penekanan melawan sistem gerak putar. Efek pengereman (braking effect) diperoleh dari adanya gesekan yang ditimbulkan antara dua objek.
rem 2
Gambar 2.4 Prinsip Kerja Rem


3.      TIPE REM
Rem yang digunakan pada kendaraan bermotor dapat digolongkan menjadi beberapa tipe tergantung pada penggunaannya.
1. Rem kaki (foot brake) digunakan untuk mengontrol kecepatan dan menghentikan kendaraan.
2. Rem parkir (parking brake) digunakan terutama untuk memarkir kendaraan.
3. Rem tambahan (auxiliary brake) digunakan pada kombinasi rem biasa (kaki) yang digunakan pada truk diesel dan kendaraan berat.
Dalam hal ini, kami akan menjabarkan lebih jauh mengenai rem kaki dan rem parkir, sesuai dengan praktek yang telah kami lakukan.

4.      JENIS JENIS REM
1. Rem Cakram
index.jpeg







                        Gambar 2.5 Rem Cakram
Cara kerja rem cakram:  Saat pedal rem di injak maka tenaga akan diteruskan ke booster rem. Booster rem bekerja melalui bantuan mesin, sehingga kerja rem lebih kuat tetapi tenaga yang kita keluarkan tidak terlalu besar. Setelah melalui Booster, maka piston Booster akan mendorong piston-piston dalam reservoir yang terdapat dalam master cylinder rem. Setelah terdorong maka piston-piston dalam reservoir akan mendorong minyak rem menuju rem setiap roda. Setelah minyak rem sampai dalam rem tiap roda maka minyak akan mendorong piston yang akan diteruskan mendorong brake shoe (kampas rem) hingga terjadi gesekan antara brake shoe dengan disc brake.

Ø  KOMPONEN REM CAKRAM (DISC BRAKE)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh_h3kRmj8ZwNfgKVoeAaft9zVMlhkC8RrLD7wf8ieJsavfMSzgG1j15tir_o_UoCYkT3EfKDbxj9mQQ-LVYlVsrxe6efP3SF8yU_JE4KJFHtw-MZsn7VziOAxlcnWXNPD0WOCMxtMWJovf/s200/5.jpga.       Caliper





Gambar.2.6 Caliper Rem Cakram
Caliper rem merupakan bagian sistem rem yang berfungsi mencengkram piringan cakram yang menyatu roda sehingga putaran roda melambat/berhenti

b.      Kampas Rem (Brake Pad)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgkRwm3Ls95HRZnHenJjfQc6sE-KN9ge0HtaPQ1skpt-ejZfsfpzau8xCTpqnejoAOe1qfRc-lbJ3mtCZCjmF75sAzosU8PrcjaZlSlZmJ4nnE5Mctq4fRpzz_N9wP9LET-WxeunSvJvrm3/s200/6.jpg





Gambar.2.7 Kampas Rem (Brake Pad)
Brake pad pada umumnya berfungsi memberi daya gesek pada cakram, sehingga dapat menghasilkan daya pengereman .

c.       Piringan/Cakram (Disc Rotor)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiKAPY9urfIdxl8i99g2Ir0kAivH5dRs-R4xTE_4wnXlHEVSx6rYTOwO2ONi5Jhr3-LCFzVdiEMVMcS8wXaPKdvPMvi-5fBephjM_l0vuOu7Zl9Qi7ZHgug-NU3OI9YyNU3K8exY-ZuoLy4/s200/7.jpg




Gambar.2.8 Piringan/Cakram (Disc Rotor)
Cakram berfungsi sebagai tempat (alas) bergeseknya kampas rem (brake pad), sehingga dapat memperlambat gerak putar roda pada kendara

2. Rem Tromol

Rem tromol adalah salah satu konstruksi rem yang cara pengereman kendaraan dengan menggunakan tromol rem (brake drum), sepatu rem (brake shoe), dan silider roda (wheel cylinder). Pada dasarnya jenis rem tromol yang digunakan roda depan dan belakang tidak sama, hal ini dimaksudkan supaya system rem dapat berfungsi dengan baik dan sesuai dengan persyaratan.
Adapun bagian–bagian utama rem tromol adalah sebagai berikut:

Ø  KOMPONEN REM TROMOL
1. Backing plate
Backing plate dibuat dari baja press yang dibaut pada axle housing atau axle carrier bagian belakang. Karena sepatu rem terkait pada backing plate maka aksi daya pengereman tertumpu pada backing plate. Backing plate juga merupakan tempat dudukan dari silinder roda.

Backing Plate
Gambar 2.9 Backing Plate




2. Wheel cilinder (Silinder Roda)
Silinder roda (wheel cylinder) terdiri dari beberapa komponen seperti piston, piston cup, compression spring dan lain lain, lihat gambar di bawah. Pada setiap roda biasanya nmenggunakan satu atau dua buah silinder roda, tergantung pada tipe rem tromol yang digunakan. Berikut ini gambar dari wheel cylinder dengan satu piston dan dua piston.

Silinder Roda
 Gambar 3.1 Silinder Roda

           
Cara kerja dari wheel cylinder kurang lebih seprti ini, apabila pedal rem diinjak dan timbul tekanan hidraulis pada master cylinder maka akan menggerakkan piston cup. Piston akan menekan kearah sepatu rem kemudian bersama-sama menekan tromol rem. Terjadilah pengereman. Apabila rem tidak bekerja, maka piston akan kembali ke posisi semula dengan adanya kekuatan return spring (pegas pembalik) sepatu rem. Pada wheel silinder ada komponen yang berfungsi untuk membuang udara pada sistem rem yaitu bleeder plug. Membuang udara pada minyak rem atau yang biasa dikenal dengan bleeding biasanya dilakukan setelah pembongkaran wheel silinder, atau pada saat rem kurang pakem.
3. Sepatu Rem dan Kanvas Rem (Brake shoe and lining) 
Sepatu Rem dan Kanvas Rem
Gamba 3.2 Sepatu Rem dan Kanvas Rem
            Sepatu rem atau dalam bahasa inggrisnya brake shoes memiliki bentuk setengah lingkaran. Brake shoes ini berfungsi sebagai tempat kanvas yang nantinya bersama sama dengan tromol rem menghasilkan gaya pengereman melelaui geskean yang dibuat oleh keduanya. Biasanya sepatu rem dibuat dari pelat baja. Kanvas rem dipasang dengan jalan dikeliling (pada kendaraan besar) atau dilem (pada kendaraan kecil) pada permukaan yang bergesekan dengan tromol. Kanvas rem merupakan bagian pada sepatu rem yang bergesekan dengan tromol rem. 
Untuk itulah kanvas rem harus mampu menahan panas dan aus serta harus mempunyai koefisien gesek yang tinggi, supaya didapat pengereman yang maximal. Biasanya kanvas (lining) dibuat dari campuran fiber metalic dengan brass, lead, plastik dan sebagainya dan diproses dengan ketinggian panas tertentu.
4. Tromol Rem (Brake drum) 
Tromol Rem
Gambar 3.3 Tromol Rem
            Tromol rem (brake drum) umumnya terbuat dari besi tuang. Tromol rem berputar bersamaan dengan putaran roda, dan akan bergesekan dengan kanvas pada sepatu rem untuk menghasilkan gaya pengereman. Ketika kanvas menekan permukaan bagian dalam tromol bila rem bekerja (pedal rem diinjak), maka gesekan panas tersebut dapat mencapai suhu setinggi 200 sampai 300 derajat Celcius.







Ø  MODELREMTROMOL
Pada dasarnya terbagi dalam lima model, tiap model prinsipnya berbeda satu sama lain.
https://toturialotomotif.files.wordpress.com/2009/09/gam30.jpg?w=300





Gambar 3.4 Rem Tromol
a)Model leading trailing Shoe
Konstruksi–kontruksi sepatu primer dan sekunder dijamin oleh silinder yang mempunyai dua buah piston dan bagian bawahnya dijamin oleh pin. Pada saat tromol berputar sepatu trailling cenderung menahan putaran tromol. Pada saat sepatu leading mengerem baik sedangkan sepatu trailling cenderung menahan putaran tromol. Sepatu kiri disebut leading dan sepatu kanan disebut trailling.
Kedua leading trailing shoe menahan pengereman yang dimana saat tromol berputar kearah berlawanan maka leading shoe menjadi trailling shoe dan sebaliknya.
https://toturialotomotif.files.wordpress.com/2009/09/gam31.jpg?w=206
Gambar 3.5 Model leading trailling Shoe



b)Model two–leading
Kontruksi model ini pada bagian atas sepatu primer dan sekunder di pasang sebuah silinder roda dengan penyetel sepatu rem menjadi leading jika berputar sebaliknya maka kedua sepatu rem menjadi trailling.
c)Model dual two–leading
https://toturialotomotif.files.wordpress.com/2009/09/gam32.jpg?w=300
Gambar 3.6 Model Two Leading
Kontruksi model ini dilengkapi dengan dua buah silinder roda yang dipasang di atas dan di bawah sepatu primer dan sekunder. Pada model ini baik maju maupun mundur kedua sepatu menjadi trailling.
https://toturialotomotif.files.wordpress.com/2009/09/gam33.jpg?w=261d)Model Uni Servo








Gambar 3.7 Model Uni Servo
           



model ini dilengkapi dengan dua buah silinder di bagian atas sepatu
primer dan sekunder. Bila pedal rem ditekan maka piston bergerak mendorong sepatu rem searah putaran tromol. Akibatnya timbul gesekan dan diteruskan ke sepatu sekunder. Gerakan sepatu trailling dijaga silinder roda dan tenaga rem yang dihasilkan besar. Bila putaran tromol terbalik, maka kedua sepatu rem akan menjadi trailling dan efek pengereman jelek.
e)Model Duo Servo
https://toturialotomotif.files.wordpress.com/2009/09/gam34.jpg?w=261
Gambar3.8ModelDuoServo
            Kontruksi model ini dilengkapi sebuah silinder roda dengan dua buah piston. Tekanan dari silinder rem diseimbangkan oleh penyetel sepatu re














BAB III
PROSES PELAKSANAAN

A.                Waktu dan Tempat Pelaksanaan
1.                  Waktu pelaksanaan prakerin dilaksanakan pada tanggal 1 Agustus sampai dengan tanggal 31 Oktober.
2.                  Tempat pelaksanaan prakerin di PT. TRI WARGA DIAN SAKT (HONDA PRIMA ) JL. Raya Jend. Sudirman Km. 31 Kranji Bekasi Selatan

1.      Alat dan Bahan
·      TUE UP
1        Alat
Ø  Cover Set.
Ø  Kunci Ring, Kunci Pas, Kunci kombinasi (Pas Ring) 1 Set.
Ø  Obeng plus (+) serta minus (-).
Ø  Kunci Shock, Kunci Busi serta Kunci T.
Ø  Kunci moment.
Ø  Feeler Gauge.
Ø  Multi Meter (Avo Meter).
Ø  Engine Tune Up Tester.
Ø  Compression Tester.
Ø  Spring Scale serta Mistar Baja.
Ø  Sikat Baja.
Ø  Kompresor serta Air Gun.
Ø  Radiator Tester.
Ø  Hidrometer.
Ø  sccaner
2        Bahan 
Ø  1 unit mobil Honda jazz


·           LANGKAH KERJA
       1. Pemeriksaan sistem pendingin

a.       Pemeriksaan Radiator secara visual. Secara visual, Periksa air radiator jika kurang tambahkan dan periksakeadaan radiator kemungkinan terdapat kotoran, karat, dan kerusakan pada sirip radiator. Usahakan periksa dengan teliti.
index.jpeg







Gambar 3.9. periksa radiator

b.      Memeriksa selang-selang radiator dan persambunganya Secara visual, periksalah kondisi selang-selang sitem pendingin dan persambungannya, jika terdapat kerusakan atau sobekan atau keretakan pada selang maupun klem segeralah diganti dengan yang baru.
e.jpeg







Gambar 4.1 periksa selang radiator
c.       Memeriksa reservoir tank Secara visual, periksa ketinggian coolant di dalam reservoir, yakinkan bahwa posisinya berada di antara tanda maximum dan minimum, jika ketinggian coolant dibawah tanda minimum, maka harus tambahkan coolant sampe tanda max dan periksa juga kondisi reservoir apakah ada kebocoran.
t.jpeg






Gambar 4.2 periksa reservoir

d.      Periksa tutup radiator Secara visual periksa keadaan tutup radiator, kemudian periksa kebocoran tutup radiator dengan cara pasangkan tutup radiator pada alat ukur kebocoran (radiator tester). Pompa alat ukur tersebut mencapai angka 0,9 bar, diamkan beberapa detik jika angka menurun kurang dari 0,9 bar maka tutup radiator bocor sebaliknya jika angka tetap maka tutup radiator tidak bocor atau masih bagus

y.jpeg







Gambar 4.3 periksa tutup radiator

 e. Pemeriksaan kebocoran radiator Memeriksa kebocoran radiator dengan menggunakan radiator tester, dengan cara buka buka tutup radiator, kemudian pasangkan alat ukur pada dudukan tutup radiator, di ushakan terpasang dengan baik dan kencang. Pompa alat ukur tersebut dan liat jarum, ketika jarum berada pada angka 14 psi, diamkan beberapa detik. Jika jarum tidak turun dari angka 14 maka radiator tidak bocor, dan juga sebaliknya jika turun radiator bocor
u.jpeg






Gambar 4.4 priksa kebocoran radiator

2. Pemeriksaan Baterai
a. Periksa keadaan baterai Periksa keadaan baterai secara visual, dengan memeriksa keadaan casing baterai, dan terminal positif, negatif baterai. Jika terminal terssebut berkarat atau kotor, bersihkan dengan menggunakan amplas dan kain majun

d.jpeg









Gambar 4.5 pemeriksaan baterai secara visual

b. Periksa ketinggian air accu, terminal positif dan negatif Lihat secara visual ketingian air accu, dengan melihat tanda upper,lower. Jika air accu kurang dari tanda upper atau bahkan lower, tambahkan air accu biasa kedalam setiap sel sampai dengan posisi upper. Bila selesai mengisi accu sebaiknya bersikan bekas tumpahan dengan kain lap.
k.jpeg










Gambar 4.6 pemeriksaan ketinggian ari accu

c. Memeriksa tegangan baterai Dalam melakukan pemeriksaan baterai pertama yang kita lakukan adalah mengkalibrasi alat ukur pengukur tegangan baterai ( multi tester ), kita kalibrasi pada angka 50 pada bagian DC, kemudian kita lakukan pengukuran dengan menempelkan kabel positif, negatif multi tester ke terminal positif, negatif baterai.
h.jpeg






Gambar 4.7 pemeriksaan tenggangan baterai
d. Memeriksa berat jenis baterai Lepas tutup tiap sel baterai, kemudian ukur satu-persatu tiap sel tersebut dengan cara masukkan pipet hydrometer dengan posisi tegak dan setelah itu tekan karet pipet sehingga sebagian air accu pada batterai berpindah pada hydrometer. Setelah itu lakukan pemeriksaan dengan melihat angka dan warna yang ditunjukkan hydrometer.

l.jpeg






Gambar 4.8 pemeriksaan berat jenis baterai

3. Pemeriksaan oli mesin
a. Memeriksa leveling atau ketinggian oli periksa leveling atau ketinggian oli, dengan cara menarik batang pengukur oli mesin, kemudian lap dengan majun dan masukan kembali batang paengukur tersebut, tarik kembali pastikan oli berada diantara tanda H/F dan L ( H= high/F=full /penuh dan L=low/rendah ), keadaan minyak pelumas harus berada pada tanda F, bila berkurang maka tambahkan minyak pelumas tersebut sampai dengan tanda F.
i.jpeg


   







Gambar 4.9 pemeriksaan ketinggian oli mesin
b. Memeriksa kualitas atau kekentalan oli periksa kekentalan oli dengan visual, apa bila kekentalan oli sudah berkurang dan warna sudah tidak sesuai dengan aslinya maka oli harus diganti. Penggantian minyak pelumas biasanya setelah jarak tempuh berkisar 2.500-5.000 kilometer.
a.jpeg






Gambar 5.1 pemeriksaan kualitas oli
4. Pemeriksaan saringan udara.
  Mesin yang kami gunakan sudah berbentuk stand, dan sudah diganti dengan yang baru, jadi tidak perlu dilakukan pengantian atau pemeriksaan saringan udara.
images.jpeg










Gambar 5.2 pemeriksaan filter udara

5. Pemeriksaan filter bensin
Dalam pemeriksaan filter bensin, pertama yang kita lakukan adalah lepas filter bensin dari dudukanya kemudian periksa secara manual keadaan dan Bersihkan menggunakan kompresor dengan menyemprotkan anggin dari arah fuel tank yang
nantinya angin akan masuk ke sirip-sirip elemen filter bensin dan keluar ke arah fuel pump.
nh.jpeg






Gambar .5.3 pemeriksaan filter bensin

6. Pemeriksaan Drive belt.
a. Pemeriksaan keadaan drive belt Secara visual cek drive belt apakah terdapat kerusakan yang memungkinkan, retak dan rapuh. Dengan cara kita lepas drive belt kemudian kita bengkokan seperti pada gambar dibawah ini. Jika drive belt tidak retak atau patah berarti keadaan masih baik. bila dalam pemeriksaan drive belt terdapat hasil yang tidak sesuai dengan standar gantilah dengan baru.
kl.jpeg








Gamabar 5.3 pemeriksaan visual drive belt

b. Memeriksa kekencangan atau kerenggangan drive belt Kekencangan drive belt perlu diperiksa dan disetel. Dengan cara atas dan kemudian baru yang bawah, sehingga alternator dapat dengan bebas bergerak. Setel ketegangan drive belt menggunakan tekanan tangan atau timbangan pegas. spesifikasi : 7,5 – 10,5 mm. Tapi kami disini penyetel dengan menggunkan tangan atau manual
zs.jpeg






Gamabar .5.4 pemeriksaan kekencangan drive belt

7. Pemeriksaan pengapian
Pemeriksaan pengapian pada mesin,dilakukan dengan menggunakan alat scan tool, dan jika pengapian mengalami gejala atau trobel maka lakukan pengecekan dan penyetelan dengan menggunakan scan tool
mj.jpeg








Gamabar 5.5 pemeriksaan pengapian

8. Pemeriksaan busi.
Dalam proses pemeriksaan busi hal pertama yang harus dilakukan adalah melepas koil yang menempel pada busi tiap kepala silinder. Setelah dilepas maka lepaskan busi pada tiap silinder dengan menggunakan kunci busi. Kemudian periksa secara visual keadaan busi, periksa celah busi dengan menggunakan filler gauge
bg.jpeg




Gambar 5.6 pemeriksaan busi

9. Pemeriksaan tekanan kompresi.
pemeriksaan tekanan kompresi pastikan oli mesin cukup dan aki punya strum yang kuat, panaskan mesin sampai suhu kerja normal, kemudian diamkan mesin 5-10 menit, lepas semua busi, pasangkan alat pengukur kompresi pada busi no1, kemudian buka trotel penuh dan start mesin hingga tekanan kopresi pada nilai tertinggi. Selanjutnya lakukan tes yang sama pada silinder lainya, sandar spesifikasi selisih tiap silinder 2,0 kg/cm² setiap kilometer 20.000. penyatelan katup ini pada dasarnya sama dengan penyatelan katup biasa yang terdapat pada mobil konvensional, dalam penyetelan yang pertama kita lakuan dengan memutar puli poros engkol pastikan silinder 1 pada posisi TMA, dan katup in ex bebas, ). Kendorkan mur pengunci yang terdapat pada rocker arm dan putarkan sekrup penyetelnya hingga diperoleh celah diantara rocker arm dan ujung batang katub. kemudian setelah penyetelan dilakukan kencangkan mur pengunci tadi dan periksa kembali celah katubnya dengan menggunakan filler gauge, kemudian putar kembali puli poros engkol satu putaran penuh (360°), periksa roker arm katup in dan ex yang bebas, kemudian stel katup tersebut.
gt.jpeg





Gamabar 5.7 pemeriksaan kompresi
ki.jpeg10. Pemeriksaan menggunakan scan tool





Gamabr 5.8 pemeriksaan dengan scan tool

Sistem EFI terdapat komponen-komponen elektronik seperti sensor, aktuator dan ECU yang setiap waktu bisa terjadi kerusakan. gejala lain yang memperburuk kondisi kerja mesin. Oleh sebab itu perlu dilakukan langkah scan troubleshooting ketika melakukan tune up pada EFI. Berikut langkah-langkah men-scan mesin EFI:
a.    Menghubungkan Data Link Connector (DLC) dengan alat scan tools sesuai dengan pin DLC.
za.jpeg





Gambar 5.9 menghubungkan kabel konektor

b.    mj.jpegMenghidupkan Mesin sehingga kondisi komponen mesin dapat terdeteksi oleh scan tools





Gambar 6.1 pendeteksian dengan scan tool

c.    se.jpegMengoperasikan program scan tools






Gamabar 6.2 pengoprasian scan tool
            1) Menekan tombol ON pada scan tools,
            2) Memilih vehicle diagnosis tekan enter,
            3) Memilih menu Japanese vehicle diagnosis tekan enter,
4) Memilih produk asal mesin diciptakan (Japan/Korea) Memilih Produsen Mesin tekan enter,
            5) Memilih menu general tekan enter,
            6) Memilih model mesin (engine with A/T) tekan enter,
            7) Memilih menu conektor enter.
            8) Kemudian pilih diagnosis trouble codes untuk mengetahui gejala pada
mesin atau bisa juga Ketika terdapat trouble code maka melakukan langkah erase yaitu langkah menghapus troubel code yang ada pada sistem EFI dengan menekan menu erase. Ketika langkah menghapus troubel code tidak bisa maka yang dilakukan adalah melakukan pemeriksaan langsung pada komponen sistem EFI. Seperti memeriksa soket sensor yang longgar, memeriksa tegangan sensor, memeriksa tahanan sensor dan memeriksa kontinuitas sensor. Setelah melakukan pemeriksaan komponen pada sistem EFI dan hasilnya masih terdapat trouble code maka dilakukan langkah penggantian sensor. Hasil : tidak ada trouble code pada yang saya teliti.
9) pilih current data untuk mengetahui data dan keadaan komponen pada mesin




2.      Alat dan Bahan
·         Perbaiakan system AC
3        Alat
Ø  Cover Set.
Ø  Kunci Ring, Kunci Pas, Kunci kombinasi (Pas Ring) 1 Set.
Ø  Obeng plus (+) serta minus (-).
Ø  Kunci Shock, Kunci Busi serta Kunci T.
Ø  Kunci moment.
Ø  Multi Meter (Avo Meter)
Ø  sccaner
4        Bahan 
Ø  1 unit mobil Honda Brio
Ø   
·        Langkah kerja
1.      Kompresor
a.       Tidak bisa start.
b.      Tidak bisa start sesekali berdengung.
c.       Kompresor macet.
d.      Kompresor bekerja tetapi overload membuka.
e.       Lilitan stator terhubung body.
f.       Ada kabel (hubungan) yang lepas.
g.      Overload membuka.
iut.jpeg






     
      Gambar 6.3 pemeriksaan kompresor

a.        Periksa tegangan sumber.
d.jpeg





Gambar 6.4  pemeriksaan sumber  tegangan
b.       der.jpegPeriksa rangkaian listrik.





Gambar 6.5 pemeriksaan rangkaian listrik
c.        mi.jpegPeriksa arusnya, ganti jika perlu.






Gambar 6.6 pemeriksaan arus
d.       Periksa kompresor, mungkin kurang oli.
saq.jpeg





Gambar 6.7 pemeriksaan kompresor

e.        vfg.jpegPeriksa rangkaian listrik, zekering.






Gambar 6.8 pemeriksaan sekering
2.       Kondensor
a.       Mengganti dengan yang baru.
nkh.jpegb.      Dilas (kalau tidak bisa dilas).





Gambar 6.9 pemeriksaan kondensor
3.       Filter
mh.jpegb.      Mengganti dengan yang baru.






Gambar 7.1 pemeriksaan filter






4.       Pipa Kapiler
a.                   Potong dan ganti dengan pipa kapiler yang baru.
mhg.jpeg





Gambar 7.2 pemeriksaan pipa kaliper
5.      Evaporator
a.       Ganti dengan evaporator yang baru.
mkh.jpeg




Gambar 7.3 pemeriksaan evaporator


3.      Alat dan Bahan
·         Perbaikan sistem Rem
1.Alat
Ø  Cover Set.
Ø  Kunci Ring, Kunci Pas, Kunci kombinasi (Pas Ring) 1 Set.
Ø  Obeng plus (+) serta minus (-).
Ø  Kunci Shock, serta Kunci T.
Ø  Kunci moment.
Ø  Kunci x
5        Bahan 
               1 unit mobil Honda Brio


v Langkah kerja
      1.    Pembongkaran Rem Tromol
1  Pembongkaran bagian atas
a.Lepaskan pedal rem pada kendaraan
Gunakan kunci kombinasi 14, lepaskan mur hingga lepas dan lepaskan pedal tersebut.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhkVzv0F3PjLxpzYpSe6Mbqa2Lb2_DKvbcL-EC2KF7Sw8EG6UjlUiow_tF5kEAG57Ts4j3g5d3vVwyiJm9x07PNPjw5AORPKRgMB3n-YG4VILEjF1XAOY45QTH7z8xIE5e8cTWQqTNK_ps/s200/19.jpg
Gambar 7.4. Melepas Pedal Rem

b. Lepas pegas pengembali
Gunakan tang untuk melepaskan pegas pengembali.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjmXgTGrfWu7a7J4c3BMBsIDipRknHYBUvz4z2O4ZnNfnvqDV2IsMMoVbcuH_AB2A8TPv0M3ui_mIwjsTy76KkowPOPr3F7CGUdX_Jqyx5U2anBp6bcO5GugB89-Jzy7vCM-Lm9f9Uh5as/s200/20.jpg
Gambar 7.5. Melepas Pegas Pengembali
c. Lepas reservoir
Lepaskan kedua piston dan pegas pengembali.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiFZggO3KI0eWylj3AwvOIJqFViTUOb87xa5A4dLJFv09UDrZ0oub50j3OI-iPZgxNiIk-zI_PnfW7E5iTeyGVI7SlaiJ9R9dkigZfr43P-D2IRx4Kv82qHUpuKxmb5asUpV25r1KNDqQU/s200/26.jpg
Gambar 7.6. Melepas Reservoir

D Lepas master silinder
-   Lepas beede screw dengan menggunakan tang untuk melepaskan beede screw.
-   Lepas break tube dari master silinder dengan menggunakan kunci pas 12 untuk melepas brake tube.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgu6V_pjnDVVMi1A8-MYru53caqrrFEFJjvloflFYKKdDrWbaD_w3YiAWnsnMK5ee7zHX2rpI0CVIFkS6-5tpQM-zsBi73XTcwPK1GuV5RywQ6nvAPQxbzfWph1IMvImNA5pCuzfCVUvuE/s200/LAPORAN+PENDIDIKAN+SISTEM+GANDA+rem+tromol0007.jpg
Gambar 7.7. Melepas House Tube
-   Lepas master silinder
Gunakan kunci 12 pas dan kunci T 12 untuk melepas master silinder.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgNgXNUNiF9USBDVaJ_PdMZ6ddrLwiuZjNvlUGHPAOxB22gbrdv2Mk1ln-_VtoCtD37c7ywWqcd-RbOWlnFvMdOWmmOx89M9y_eopXX_Wyr1w73A_qZUnqCP6OtEoHGPjznVRFul6bczMY/s200/LAPORAN+PENDIDIKAN+SISTEM+GANDA+rem+tromol0008.jpg
Gambar 7.8 Melepas Master Cylinder
-   Lepas fluida reservoir
-   Lepaskan stopper bold dan ring
Gunakan obeng (-) untuk melepaskan stopper ring.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh5FzoRT-7kUJoGuJwYR_zE6xya2QkKeJlokNqljzJ6lowLMNZqsSp27n_BSBWkFCoRUgHIideFxglpa7nvq08uAEUlMeKp3yy5Mv-aXjFc03f9Tlwxtsg-zI-043LOLoVD5I2OtACGTmU/s200/LAPORAN+PENDIDIKAN+SISTEM+GANDA+rem+tromol0009.jpg
Gambar 7.9. Melepas Stopper Ring



-   Keluarkan assembly dari master silinder body
Gunakan kunci kombinasi 12 untuk mengendorkan mur pada assembly.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEig91E-JFQbezQ_QpJGpgmWfC0pDbAek7m64-Ugj-ZedsXyg_HGvnKNBJL3r-zBP4cHWj_Z2oyg2p4f4XUgJvuwVjmjYoI7qFFM_8cvz8f1NPif6anvgtGU8KJsrvvYZeNG8QFzEUla9QY/s200/LAPORAN+PENDIDIKAN+SISTEM+GANDA+rem+tromol0010.jpg
Gambar 8.1. Melepas Piston Assembly dari Master Silinder Body
2.  Pembongkaran bagian bawah
a.  Kendurkan baut-baut menggunakan kunci sok 21
b.  Lepaskan roda dan diletakkan di bawah
c.   Lepaskan tromol rem 

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEglKVwQmJEY2PSZ1StWwOacXiotsXhGCYEdoUdjfHvHFntndeYIpa58IW89FIHGdg6AuSJpR9TeLzAMR5zVfdFfpMXL5jxkis8nA5KCED1fXLi4dNJFMZbRfMvhtLjEfE3VXaKingusjr0/s200/LAPORAN+PENDIDIKAN+SISTEM+GANDA+rem+tromol0011.jpg
Gambar 8.2. Melepas Tromol Rem
d. Lepaskan pegas pengembali
Gunakan obeng (-) untuk melepaskan pegas pengembali pada tromol
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjpvH5RnrYNe028DDmvG0GaGwmSEPJpGX8Nr6qqORQVuyeT-QGuz71Ubni3z51aDaOICmYlHmLinVzcWuqSgHBKa7ZyTEV9LskpHpo9zcfkF0ASaDszMSYEhC35YfcJbsexlgRT0vfz7Yo/s200/LAPORAN+PENDIDIKAN+SISTEM+GANDA+rem+tromol0012.jpg
Gambar 8.3.  Melepas Pegas Pengembali

e. Lepaskan paku pengunci yang mengikat kampas rem
Guankan tang untuk melepaskan paku pengunci yang mengikat pada kampas rem.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgTCfSKKVBNG2c8pvUqfLyyOLMSL1HbPH9fp_0j8CuoFEJZ8-DHROBH_NlqJuzV0B6rzT3d9TVTsSKcNyM9t_ehlz-4JUiOThV4PMz4afK6M5Y4tyIjVDCvb2Gt_OwrRTH6_jaXg91_xFQ/s200/LAPORAN+PENDIDIKAN+SISTEM+GANDA+rem+tromol0013.jpg
Gambar 8.4.  Melepas Paku Pengunci yang Mengikat Kampas Rem
f. Lepaskan sepatu rem dari backing plate
Tinggal lepaskan dan letakkan kampas rem (sepatu rem).
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgdFeqwirO8bo6qVA1ox5vGNmbwSRY70VJEvxvCPB1q8pNvFiRJnfUIHq1tcQmUj00QNgRWwkbKkMltzoyh2zz6HeyXjyyTBrD23jXPhqUQIcvE7q07ZwnA0_CooxIG5q6a1rqeDSHS9Eg/s200/LAPORAN+PENDIDIKAN+SISTEM+GANDA+rem+tromol0014.jpg
Gambar 8.5.  Melepas Sepatu Rem
g. Pembongkaran wheel cylinder
-    Lepaskan pipa rem dari napel
Gunakan kunci pas 12 untuk mengendorkan mur dan lepaskan pipa rem.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhD-erQ0GWDCXgnAYjKQjnwuzh7dnTdxBIULx79mzbOJLN12y7UxOMEK1fFChS8HXVeiX2_8I-Usmhce3mw0uWbaWANHNnNELjHKXRmLJw9AnPUjEWq0Oyfdp_5qgkYTv234rm4ylYw1-M/s200/LAPORAN+PENDIDIKAN+SISTEM+GANDA+rem+tromol0015.jpg
Gambar 8.6. Melapas Pipa Rem
-   Lepaskanbautpengikatwheelcylinder
Gunakan kunci pas 14 untuk mengendorkan baut pengikat wheel cylinder.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiMOLJK5DuoPN2xKqvFHy7LcoQJmM5_6Egi_KfIUiRpHAtz6nknzk_OS7xEXtjyfBnHbcAoyloTdgpqo9jeQtZIxzssL_gBTnimjfIJ-_tRy3RBg1ZGtWWoSXXzSsx7tpQ30Peo5-zlqKQ/s200/LAPORAN+PENDIDIKAN+SISTEM+GANDA+rem+tromol0016.jpg
            Gambar 8.7.  Melepas Baut Pengikat Wheel Cylinder

-   Lepas wheel cylinder dari backing plate 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjlReZtv5xiSGsy5EwqDTJE2XW__e8KqFfuDzxYBWaf8JVUjPxmBvJPCwpLe9fTqFblppuoATr-3CpaP7R-zZSJhypaxAKTe03oylE_MU-oGwsuyB6WE_wqunYxHwlxEJbK0U7nFMwypIs/s200/LAPORAN+PENDIDIKAN+SISTEM+GANDA+rem+tromol0017.jpg
Gambar 8.8. Melepas Wheel dari Backing Plate
-          Lepas dust boot dan piston cups
Gunakan kunci pas 12 untuk melepaskan baut pada dust boot.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj_TGzfJqGpzZZc8QR5je-oxXb9w_yxPUhFcDwszO_b5d8981cqmNoxLKbvskGIUBZ3mWTLsUVFEgjrRGAtRV5eZV_sfT6KdhS2UwuIwCjEKDmepyaPhZPOQ88IwRJTGFR4CpnpJ6sAeGE/s320/LAPORAN+PENDIDIKAN+SISTEM+GANDA+rem+tromol0018.jpg
Gambar 8.9. Melepas Dust Boot dan Piston Cups


      2.     Pemeriksaan Rem Tromol
1.  Pemeriksaan komponen rem bagian atas
a.   Pemeriksaan komponen rem pedal
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhYkyZ5XyUexUIq3taPagwBDhy0KDjhKxF4BWFr9trmCiEdEP2-zj5YkDn4z9ZkRmJZ51Pdd92oVuQPuZXqGUMZih5m8vau_cYnz-ERhz5Kh8JRfSOBudjLEnFOt4hxnBZlI2GL6qLgVbg/s200/LAPORAN+PENDIDIKAN+SISTEM+GANDA+rem+tromol0019.jpg
Gambar 9.1. Mengukur Tinggi Pedal



b.  Ukuran gerak pedal pegas dengan ukuran gerak pedal 3–4 mm (0,12–0,24in)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhC4XZxv-FOPgZve8fvyQj8AmfrujBdkflDDy1bzCVfklP0KO_HESLTu49cZqAr1R5gA0_QgUjEdJF0QS1_IrlsdtE_nwT0aOnvp1Rf_95X5FXl61bb1auSrebbgfdU1c3llc0BIk0oMSg/s200/LAPORAN+PENDIDIKAN+SISTEM+GANDA+rem+tromol0020.jpg
Gambar 9.2 Mengukur Gerak Pedal Pegas
c.   Ukuran jarak cadangan pedal dari lantai pada penekanan  50 (110 lb–490 N)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjunxAif5-J3ddnMZLtekYUmwV_wy5OITfLQjeJ9Ce1rIukjwtcn8svYbdzHABxObOp_b_oZS6waDIhmJrvU7s0lPnRaxztsT5lAkO2u9W02SHeSW90sxfG2IC7BXqMlh5yPwWAJdYRlKk/s200/LAPORAN+PENDIDIKAN+SISTEM+GANDA+rem+tromol0021.jpg
Gambar 9.3. Mengukur Jarak Cadangan Pedal dari Lantai


d  Periksa master cylinder
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjp_ORlb2UDQwRj-hT4N4atxDix9UG35xbDsKiMnW3Lwxhx11CVETgigQ4n-J3S7_8VOFTIaV1fvDNYMFui6Bg59lJHTElNPEGMPqSzpO5zJ0bFZonPyrhwYv7o8BO07BBOh3Sh6TqKrOQ/s200/LAPORAN+PENDIDIKAN+SISTEM+GANDA+rem+tromol0022.jpg

Gambar
9.4. Memeriksa Master Cylinder



e. kuran master cylinder diameter dalam dan pistonnya dengan sliding caliper
f   Jika kelonggarannya melebihi limit ganti master atau pistonnya. 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjQ0CJnNiP8uG-MqxRN4ZHHepbM2ZAIeqRRXSlLAnWn_SpR4IesFmQuSlz423yP6L3Vy_k5heU-cChLPpoatqVl06Yd7zXzU08zUTYa6JoJMvz_wd8Im1hyba4MTPFl8Ss5btmIo2Jd1tc/s200/LAPORAN+PENDIDIKAN+SISTEM+GANDA+rem+tromol0023.jpg
Gambar 9.5. Mengukur Kelonggaran Piston

2  Pemeriksaan rem bagian bawah
a  Ukur tebal rining
-    Ketebalan 1,0 mm (0,039 in)
-    Ketebalan maksimum atau ketebalan standar 6,0 mm (0,235 in)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhs3O36MRyKHROaoAyBqj1SNAUC5-Af7kRtHONhqvgFXzyZUTU7XMON4JGdp-bCgYoGgDsU4CEmcIBMe0ku7TvzJVqmAlizBPhig6Q9PWBRERVHSxL7t0iZuyvgv36K7gaLdUpzBYqqPOA/s200/LAPORAN+PENDIDIKAN+SISTEM+GANDA+rem+tromol0024.jpg
Gambar 9.6. Mengukur Tebal Rinning menggunakan mistar
b.Ukur diameter dalam tromol rem
-    Ukuran diameter dalam maksimum : 220.6 mm (9,79 in)
-     Ukuran diameter dalam standar : 228,6 mm (9,000 in)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiQnyq05Akr2eClPcD4DXVh9Og-ZWOqsi5Zum4VZ-FOSfHfDkKeMhueTZFaOMkm_r-0zTRSWtjZKsHBlCmrJfQdxtdvGjVCH1Pdh9ioLyneHk83ZkzD3gHiUMAlyPQ70VI5NETnTwbvaiY/s200/LAPORAN+PENDIDIKAN+SISTEM+GANDA+rem+tromol0025.jpg
Gambar 9.7. Mengukur Tebal Lining Diameter dan Tromol Rem




c.    Ukur diameter dalam dari wheel silinder dan diamater piston
Ukur diameter wheel silinder dan diameter dengan menggunakan jangka sorong.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg3mhl4yR2Iwfn17XSPO4XG82CpXqonEgzPDohRAl7huP2X061wTMdms802zrhNhI8rJm6kHMV0apg-zJLgIucrycU7jSmh1bFQt-BSGvcnNh2iCgGYwC8WXUIAiJ5oJQ-Pujxh1OK-sw4/s320/LAPORAN+PENDIDIKAN+SISTEM+GANDA+rem+tromol0026.jpg
Gambar 9.8. Mengukur Kebebasan Piston
d  Ukur kedalaman piston

      3.    Pemasangan Rem Tromol
1. Pemasangan rem bagian atas
a. Pasang master silinder
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEja7u2-NN0uXKG_RG5OlnDisuKS_DDKyYZt_SAJEDZp3LQ3uHvz1dSH4_1UOanuKfvg-AIf2x-f_8ZUqkiTRaLB0OksERYM1QdM5mAs9iFJKGW-gdJOio7SZS3m5AzdB44CHaXULd2u1e0/s200/LAPORAN+PENDIDIKAN+SISTEM+GANDA+rem+tromol0027.jpg
Gambar 9.9. Memasang Master Silinder

b.Pasang reservoir seperti biasa
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiJDNPWhJTBvI-8mRgFkUQmCZNjQyGg2R8QJPOzfb5ckiphYxg4zcx3Gtf41fJavFknUGfZTDII0zILBlmZca1Vi9GaYt5T33sEBsaIkTBSJZY34n0V9I6ivCvRZT91BIP7aZAUdS4d8Mw/s200/LAPORAN+PENDIDIKAN+SISTEM+GANDA+rem+tromol0028.jpg
Gambar 10.1. Memasang Reservoir 
c.  Pasang pedal rem seperti semula
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEit3cQZXjE14PCOJCzMFNQ707ovynUX_p-1W4fAD6nGa-X8h2bUEG5QGQB2y7RAE0Fft-ajvHtiMvHXznUD3M9-BqSzSIX5gbF2zCzkXUTnN1Z37RIxGj8i7jIwiW1ks0Lwt9QFTwlAzZE/s200/LAPORAN+PENDIDIKAN+SISTEM+GANDA+rem+tromol0029.jpg
Gambar 10.2. Memasang Pedal Rem 
2. Pemasangan rem bagian bawah
a.   Pasang dust boot dan piston cups
Gunakan kunci pas 12 untuk mengencangkan baut pada dust boot
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgJwlUEA-usz_js-uel1UqVP2WsYqPvifnaMe8Dj8cqlTsQg6WQkzIrtvNTXPior8zcQtgBHXEGl4VrVhAz32riBLqABBKsd5Rc6NhiUfRI4k7f2Uhpc51m30FX8QZ4-zf50T6i_ExF_Cg/s320/LAPORAN+PENDIDIKAN+SISTEM+GANDA+rem+tromol0031.jpg
Gambar 10.3 Memasang Dust Boot dan Piston Cups
b. Pasang wheel cylinder ke backing plate
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhhGXHLWTAIvM8OE3VvBYQaEYZM_VMf1M4Qo26EFR96aq7BvdX9yxRjLr-4ziUHLqo9AbT7g3-lhqx7uLU6tRfloIAyKzVNAfQBT9QSMm90YttQLWmbv4t3cYRD98S0cnFHR4VlXH7Q7_o/s200/LAPORAN+PENDIDIKAN+SISTEM+GANDA+rem+tromol0032.jpg
Gambar 10.4. Memasang Wheel Cylinder
c.   Pasang pipa rem ke nipel
Gunakan kunci 12 untuk mengencangkan baut pada pipa rem.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiaFU-oc3hhj1ZMzNkrWmaMKHXKYQzns3brzS0WSBtKqJjPIfFwh1LigGcdOlllGdUz6IN7c7eyr5Zddgzo7hyphenhyphenKjF56xFJHRCl6iaPE7FZfETeUEDJEiQ9gxHEjKhjYeswfsTFYqJTvRjg/s200/LAPORAN+PENDIDIKAN+SISTEM+GANDA+rem+tromol0036.jpg
Gambar 10.5. Memasang Pipa Rem

d.Pasang kampas rem dan ikat dengan paku pengunci
Gunakan tang untuk mengikatkan paku pengunci pada kampas rem.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjrQ6m_DVF4cr4-mb_vkuzZa9_CZ-hW_immOE_lDYs-JefR7zs_2ogmvFiik9oJzRYl2rz8vqeXXHwioWBRJEielfDjpO6irvRbIcYPE8I7sdz2PuXI0Yz0v629YHdgm_LkjOzyL2J9Ns0/s200/LAPORAN+PENDIDIKAN+SISTEM+GANDA+rem+tromol0033.jpg
Gambar 10.6. Memasang Kampas Rem
e. Pasang tromol ke backing plate
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEggAPhV_0xwWAg25PENZbBE172aT0_9xJJv5zgW9EmHyFdj_0k_K5F2TwJ7k02lmQC9iXBZQUiKKd_JxWvv3ckQCjE1dD9f4pTa6-BUJALBZsU7Kbwz3UFT0ubcuIhyl73Z-aCpU5nFSzo/s200/LAPORAN+PENDIDIKAN+SISTEM+GANDA+rem+tromol0035.jpg
Gambar 10.7. Memasang Tromol
f. Pasang roda dengan baut rodanya
g Turunkan dongkrak sampai roda menyentuh lantai
h.  Kencangkan baut-baut roda menggunakan kunci sok 21.















      4.    Bleeding
Bleeding merupakan proses pembuangan udara ke brake tube, brake shoe dan master cylinder. Langkah-langkah pengerjaannya adalah sebagai berikut :
1.      Periksa tinggi fluida pada master cylinder fluida reservoir. Jika fulida kurang batas yang ditentukan maka tambahkan minyak rem.
2.      Lepaskan bleder screwcups dari silinder, sambungkan ujung-ujung vynilpive ke bleder screw setelah fluid dan tempatkan ujung pive yang lain pada tempat penampungannya.
3.      Setelah menekan brake pedal beberapa kali, kendurkan bleder screw pada posisi pedal ditekan, keraskan bleder screw setelah fluid mengalir pada vynilpive.
4.      Pasang bleder screw cups dan tambahkan fluid pada reservoir sampai batas maksimum. 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiW7LmBYKzNQLfJDoc4DuaCIE6B4NyJ05jif3KzG_zOwF_uWFSOyp3O6D0Sut2uabv27zc_tbgb4rAY6cpR06zvYp7HgWWv_bRX0yqjt_P2wQbjKyXWcqQcLLBUBh5LtrsrrG9RSGQ3YW8/s200/LAPORAN+PENDIDIKAN+SISTEM+GANDA+rem+tromol0037.jpg
Gambar 10.8. Front Brake Air Bleeding
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhm4HGU-F6TveoxfNHXhF-6HC8Trol-nfzwetRGq9b5z79cpxmAo922E_Jzg7FfehyphenhyphenEePiVtvU0O01Xezrh77J5W9ihLJIEhlN583dzis5BcfPMfTrxQALBOOgjJdZJYf-xAGkVrpKL9bw/s200/LAPORAN+PENDIDIKAN+SISTEM+GANDA+rem+tromol0038.jpg
Gambar 10.9. Rear Brake Air Bleeding





B.                 Keselamatan Kerja
Keselamatan kerja pada saat Penulis melakukan Kegiatan PraktekKerja Industri sangatlah di utamakan. Terbukti apa yang diterapkan di sekolah tentang keselamatan kerja baik secara teori maupun secara praktek, ternyata di DU/DI lebih cenderung ke implementasi prakteknya.
a.       Perlengkapan Safety
Perlengkapan  keamanan kerja (safety) ialah Seperangkat alat yang digunakan tenaga kerja untuk melindungi sebagian atau seluruh tubuhnya dari potensi bahaya atau kecelakaan kerja. Pada perlengkapan ini sangat disarankan supaya digunakan menurut prosedur dan harus memenuhi standar nasional. Berikut pelengkapan safety yang harus dipakai dalam perbaikan rem:
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiKj-0BBF8h4fAYCQdljTTEI32sJL2Cx5WZP91YzA-t9nU0jvu_txVeyDctVGDkev1KgMAjKzYfA34KZmOLinYgMhJ037doF3Ye16y5apb_paEN4JnMi4kW-V-etas4AGYrziYxLKjEf6gJ/s200/8.jpg1.      Wear Pack


                                                                        




                                                Gambar.11.1 Wear Pack
Wear pack berfungsi untuk melindungi kulit dari benda kasar dan tajam serta melindungi dari tempat/lingkungan yang kotor.
2.      Helm
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhQJ4da2DURzmxuyf_5lU3lkJfNkrPpBc58YgYThW3eaVtwiVNyv5aiqNXgz6rqd2urDqCx-Ue1vUyhPxXW1qGlRiaK1m9hCEenLv3FgldaP3w4HsXrXwo49WqtVh6RwfNJ8ZLDZsGWUf_Y/s200/9.jpg
Gambar.11.2 Helm
Helm berfungsi melindungi kepala dari cidera akibat benda-benda yang jatuh dan melindungi kepala dari benturan pada benda keras/taja
3.      Masker
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjBqR1-0moEMYX_qbPQvBS9KZnlS_YIBbpm-o49L9MxGv5YLZbhvmzk3m0jbbgz3ZpnDVUTrhOmcj6CUkyxB9nj8bzpJ7wIuQUOcc1oWXbzWvWHYoB4ceLYOD4Ffjyy8aiQxJ_pP3a5iHFV/s200/10.jpg
Gambar.11.3 Masker
Masker berfungsi untuk mulut dan hidung dari partikel-partikel/debu/asap yang cukup berbahaya bagi organ tubuh.
4.      Sarung Tangan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjHkDm48UU3PQheY6wG8EPi-yopPrcQlC7cjFgVzXiTwBW5wC6uzHyx83flF5baPFXvtCP2cENHzq63I225IwrVIecKMgcya3FeQmXkRnPHT7tGyBTQewwXdI2f4FtJyn2sSlV6YPeiC9HI/s200/11.jpg
Gambar.11.4 Sarung Tangan
Sarung tangan berfungsi untuk melindungi tangan dari luka tersayat atau tertusuk oleh tepi-tepi/ujung-ujung runcing pada benda keras.
5.      Sepatu Safety (Safety Shoes)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEglhMaYWRBnhyphenhyphenxPtw0UWgE19mJD9ShZJusI-pPu-oa_XmGUVVRkOL5a-boQLrNtUl1O9sI3vo22xfU6tYXKotwrI1QTp8CQsEvqgJktmXwMW0E5JyYgtwAQ0QN5R0CFbMc1nKJu1SpuH0ac/s200/12.jpg
Gambar.11.5 Sepatu Safety
Sepatu safety berfungsi untuk melindungi bagian kaki (ujung jari-jari kaki) dari cidera akibat tertimpa benda-benda berat dan menjaga pemakai agar  tidak mudah terpelest pada tempat-tempat yang licin.
 Berikut adalah penerapan keselamatan kerja di bengkel PT. Tri Warga Dian Sakti (HONDA PRIMA) antara lain:
1.         Adanya alat pemadam kebakaran yang ditempatkan di dinding            ruangan.
2.         Gambar atau tulisan NO SMOKING
3.         Dilarang Bergurau
C.                Hasil Yang Dicapai
Setelah selesai kegiatan sesuai dengan yang direncanakan dan yang kami susun untuk mendukung tercapainya tujuan, maka hasil yang kami capai telah selesai dan berjalan lancar meskipun terdapat kendala yang dihadapi. Kami berharap dengan adanya prakerin akan memiliki keahlian profesional sesuai kurikulum sekolah sehingga tamatan SMK diharapkan mempunyai keterampilan, untuk terjun ke dunia kerja dan mampu bersaing di era gobalisasi ini.
1.       Keterlaksanaan (Faktor Pendukung dan Penghambat)
a.                      Faktor Pendukung
Faktor pendukung yang ada di dalam pelaksanaan prakerin antara lain:
Ø   Fasilitas peralatan yang ada di kantor sangat mendukung.
Ø   Pembimbingan kepada peserta prakerin oleh pihak  Bengkel sangat baik.
Ø   Ruangan yang cukup luas.
Ø   Mekanik yang sangat baik
Ø   Lingkungan yang mendukung
b.                      Faktor Penghambat
Ø   Di tempat praktek kadang-kadang tidak ada pekerjaan.
Ø   Kadang pihak Bengkel merasa terbebani dengan adanya peserta prakerin.
Ø   Alat alat yang kurag memadai
Ø   Kafang mekanik susah untuk berbagi ilmu
2.       Manfaat Yang Dirasakan
Melalui pelaksanaan praktek kerja industri (prakerin) ada beberapa manfaat yang dirasakan antara lain:
Ø    Mempraktekkan teori dan praktek yang didapatkan di sekolah dalam dunia kerja.
Ø    Menambah wawasan dalam dunia kerja.
Ø    Meningkatkan kedewasaan siswa.
Ø    Meningkatkan kedisplinan dlam bekerja
Ø    Meningkatkan pengetahuan dalam dunia kerja























BAB IV
 PENUTUP

A.                Kesimpulan
        Pembelajaran di dunia kerja dan industri adalah suatu strategi yang memberi peluang kepada peserta mengalami proses belajar  melalui bekerja langsung pada pekerjaan sesungguhnya. Dengan adanya prakerin penulis dapat merasakan bagaimana pelaksanaan praktek langsung di lingkungan  dunia kerja yang langsung dibimbing oleh pihak PT. Tri Warga Dian Sakti ( HONDA PRIMA )
Dan penulis merasakan bagaimana dunia kerja itu, dan mengalami banyak ilmu pengetahuan yang didapat.

B.                 Saran-saran
1.                  Sekolah hendaknya lebih menyiapkan lagi kemampuan siswa sebelum praktek di dunia kerja dan industri.
2.                  Adanya kerjasama yang baik antara sekolah dengan  dunia kerja dan industri sehingga terjadi sinkronisasi materi yang diajarkan di sekolah dan proses pembimbingan di tempat praktek.













C.                DAFTAR PUSTAKA
Joko Sasworo, Aris. 2010. Tune-up Mobil Efi. Jogjakarta :Bintang Cemerlang
Anonim. 2005. Shop ManuaHondaJazz GD3. Jakarta : PT. Mandalatama Armada Motor
Drs. Sumanto, MA., Dasar-dasar Mesin Pendingin. Andi Yogyakarta, 2007.
E. Karyanto Dipl., dkk., Operasi Perawatan Refrigerasi dan AirConditioner. Restu Agung Jakarta, 2008
http://iskandar-73.blogspot.co.id/2013/05/mengenal-fungsi-rem-tromol.html
http://www.karimunestilo.com/2016/komponen-cara-kerja-rem-tromol-mobil/




















LEMBAR KONSULTASI
 PENULISAN LAPORAN PRAKERIN
No
Hari/ Tanggal
Materi Konsultasi
Tanda Tangan Pembimbing
Keterangan
































Tidak ada komentar:

Posting Komentar